Tips dan Trik Mencari Artikel dari Journal Online

Mencari artikel jurnal baik di perpustakaan, internet, atau data base jurnal on line merupakan "makanan" sehari-hari bagi orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Pencarian informasi ini boleh dibilang gampang-gampang susah. Gampangnya, ketika kita telusur di internet hanya dengan hitungan detik, informasi yang kita butuhkan telah nampak di layar komputer Anda. Benar kata orang, "dunia ada di telunjuk Anda" (Oh..senengnya! Pengen deh ngerjain tugas tiap hari).


Lalu, susahnya? Itu tadi, informasi yang muncul di layar komputer belum tentu sesuai dengan yang kita inginkan. Di sana ada puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan informasi yang muncul dalam hitungan detik. Kita harus bisa menyeleksi informasi mana yang betul-betul kita perlukan. Ini memerlukan ketelitian dan kesabaran, juga mengetahui trik-trik dalam mencari informasi di dunia maya atau di dunia nyata, seperti di perpustakaan. Sehingga kita tidak gampang menyerah dan tentu saja tidak gampang menuduh perpustakaannya nggak lengkap!


Mau tau triknya?


Tiga Sifat yang wajib dimiliki
Penelusuran informasi baik yang dilakukan di dunia nyata seperti di perpustakaan tradisional ataupun di dunia maya seperti di internet atau jurnal online memerlukan sifat sabar, teliti juga tekun. Mengapa? Mencari informasi bukanlah pekerjaan instan melainkan membutuhkan suatu proses. Proses bisa merupakan dialog antara kita sebagai pencari informasi dengan sumber informasi (spt. perpustakaan, pusat informasi serta pustakawannya) untuk menyamakan persepsi tentang sesuatu yang akan kita telusur. Atau berinteraksi dengan media / alat bantu penelusur seperti katalog atau dbase elektronik. Untuk itu kita harus sabar mengikuti proses tersebut.


Disamping sabar, dalam mencari informasi kita juga wajib teliti dalam membaca setiap temuan yang muncul. Karena saking banyaknya informasi yang muncul sehingga ada kalanya informasi yang berhubungan justru luput dari perhatian mata kita .


Satu lagi yang perlu wajib kita miliki adalah jiwa pantang menyerah. Kalau informasi yang kita cari belum ditemukan jangan cepat menyerah, apalagi menyalahkan orang lain (sering terjadi di perpustakaan lho!!!), seperti koleksinya tidak lengkap lah, petugas tidak helpful lah, atau seribu alasan lain yang mungkin sebenarnya menutupi ketidaktekunan kita dalam mencari informasi


Tipe Pencarian Informasi (artikel)
Ada dua tipe pencarian informasi, yaitu mutlak dan tidak mutlak.


TIDAK MUTLAK
maksudnya, artikel yang kita cari adalah artikel yang tidak dibatasi SIAPA penulisnya, apa JUDULnya, apa nama JURNAL dan VOLUME nya. Pencarian artikel bersifat umum tidak mengkhususkan pada batasan tertentu. Dalam istilah perpustakaan ada yang disebut BROWSE, yaitu melihat-lihat seluruh koleksi perpustakaan dengan cara melihat-lihat ke setiap rak secara sepintas.


MUTLAK
Adalah artikel yang kita cari sudah ditentukan sebelumnya baik pengarangnya maupun judulnya. Jadi kalau di suatu perputakaan tidak tersedia, ya tidak bisa ngapa-ngapain karena yang dicarinya memang harus itu (mutlak yang itu, kagak mau dikasih yang lain!!!). Solusinya, nyari lagi ke perpustakaan yang lain.


Sumber: www.library.unisba.ac.id

Klik suka di bawah ini ya