Ekonomi Islam: Teori dan Praktiknya dalam Perdagangan Obligasi Syariah di pasar Modal Indonesia dan Malaysia

Judul: Ekonomi Islam: Teori dan Praktiknya dalam Perdagangan Obligasi Syariah di pasar Modal Indonesia dan Malaysia
Penulis: Hulwati
Penerbit: Ciputat Press, 2009
Tebal: 342 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 60.000 (blm ongkir)
SMS/WA: 085225918312


Pengembangan Bidang ilmu Ekonomi Islam beberapa waktu lalu sempat kurang mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari umat islam termasuk para cendikiawan di Indonesia. Padahal bidang kajian ini sangat kaya nuansa teoritis dan praktisnya terutama bila di perhatikan khazanah dan pemikiran ilmuwan muslim klasik orisinil tentang ekonomi Islam meskipun tersebar di berbagai bidang keilmuan seperti fikih, ilmu kalam, ilmu politik dan tasauf.

Dua puluh tahun belakangan ini barulah kegairahan terhadap kajian ekonomi Islam menjadi semarak dan bergairah, terutama di Indonesia di tandai dengan semakin semaraknya kajian-kajian ekonomi islam baik melalui seminar, symposium, dan workshop. Di samping itu, semakin menjamurnya lembaga-lembaga keuangan Syariah baik dalam bentuk lembaga perbangkan maupun lembaga non bank.

Buku Ekonomi Islam Teori dan Praktiknya dalam Perdagangan Obligasi Syariah di Pasar Modal Indonesia dan Malaysia di karang oleh Dra. Hulwati, M.Hum.,Ph.D. merupakan salah satu referensi yang ikut memberikan sumbangan maraknya pembentukan Ekonomi Islam, terutama pada sector Obligasi Syariah yang hingga saat ini masi sedikit di bahas oleh para ahli Ekonomi Islam.

Buku Ekonomi Islam amat bermakna kepada praktisi, ahli akademik dan mahasiswa dalam memperdalam kajian Ekonomi Islam. Urutan perbincangan yang tersusun dengan baik serta bahasa yang ringkas dan mudah dicerna baik bagi mereka baru saja ingin memahami bidang ini maupun yang telah mengenal dasar-dasar ekonomi. Susunan yang di mulai dengan konsep Ekonomi Islam dan konsep pembiayaan dalam perdagangan amat membantu untuk memahami lebih jauh persoalan yang lebih kompleks. Menariknya buku ini juga dilihat kepada peranan pendukung pasar modal dan contoh praktiknya di Indonesia dan Malaysia.
-- Abdul Ghafar Ismail, Frofesor Perbankan dan Ekonomi keuangan, Universitasi Kebangsaan Malaysia dan Direktur Dewan Syariah, Citi Group Malaysia

Secara Perlahan, Tetapi pasti sistem bisnis dan keuangan terus berkembang. Ia telah memasuki berbagai sector keuangan dan bisnis di Indonesia. Sekarang mulai berkembang pasar modal syariah, dimana Bursa Efek Jakarta telah di kenal adanya Jakarta Islamic Index (JII). Di Bursa yang sama juga telah di introduksikan dan diperdagangkan produk atau instrument pasar modal berupa Reksan Dana Syariah dan Obligasi Syariah. Buku ini menjadi sangat layak di baca karena banyak menjelaskan berbagai fiqh kontemporer yang berkaitan dengan salah satu instrument Pasar Modal Syariah yakni Obligasi Syariah.
-- DR. Ridwan Khirandy, SH. MH, Ketua Program Magister Hukum UII Yogyakarta dan Fakar Hukum Bisnis dan Pasar Modal

Klik suka di bawah ini ya