Sistematika Penyajian Laporan Penelitian

Setiap laporan terdiri atas bagian-bagian yang sudah tertentu. Secara umum artikel laporan penelitian dibagi atas tiga bagian, yaitu (1) bagian utama, (2) bagian tambahan, dan (3) bagian penunjang. Bagian utama terdiri atas (a) pendahuluan, (b) batang tubuh laporan, dan (c) penutup. Bagian tambahan terdiri atas (a) abstrak, (b) kata pengantar, (c) daftar isi, (d) daftar tabel, dan (d) daftar grafik. Bagian penunjang terdiri atas (a) catatan-catatan, (b) daftar pustaka, dan (c) daftar gambar.


Bagian utama merupakan bagian terpenting suatu laporan. Inilah bagian yang membuat pengamatan, percobaan, penelitian, kegiatan, uraian atau tafsiran, dan rekaan. Bagian ini dapat dibagi atas beberapa bab, sub bab, dan sub-sub bab sesuai dengan kebutuhan penulisan laporan.


Bagian tambahan dan bagian penunjang hanya terdapat dalam laporan yang panjang. Di samping itu, terdapat pula hal yang harus ada dalam setiap laporan, yaitu ungkapan terima kasih yang dicantumkan dalam pendahuluan atau pengantar, yang ditujukan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi dalam proses penyusunan artikel atau laporan itu. Contoh sistematika laporan teknis yang berupa hasil penelitian:


ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR LAMBANG
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Masalah
1.3 Tujuan
BAB II KAJIAN TEORETIS
2.1 Pengertian Pronomina Persona
2.2 Jenis-Jenis Pronomina Persona
BAB III HASIL PENELITIAN
3.1 Pronomina Persona Bahasa Aceh
3.2 Jenis-Jenis Pronomina Persona Bahasa Aceh
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
4.1 Simpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Peta Nanggroe Aceh Darussalam
Lampiran 2. Instrumen Penelitian
Lampiran 3. Informan Penelitian
Lampiran 4. Data Penelitian
Lampiran 5. Biodata Penulis


Oleh: Azwardi, staf pengajar tetap FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Klik suka di bawah ini ya