Rekontruksi Teknologi Integralistik Akuntansi Syari'ah: Shari'ate Value Added Stetement

Rekonstruksi dalam penelitian ini merupakan proses perubahan materialitas VAS dan EVAS menjadi SVAS yang bersifat finansial-sosial-lingkungan dan material-mental spiritual). SVAS merupakan bentuk teknologi (laporan) kinerja keuangan berdasarkan nilai Islam dan tujuan syari’ah dengan zakat sebagai pusatnya. SVAS
juga memiliki laporan koeksistensi kuantitatif-kualitatif tak terpisahkan.

Penelitian ini memiliki keterbatasan dengan munculnya konsep akuntansi baru sesuai syara’. Diperlukan penelitian lanjutan mengenai akun-akun SVAS seperti output (pengganti pendapatan), input (pengganti biaya) dan distribusi (sebagai konsep keadilan akuntansi).

Ditemukan bentuk akuntansi biaya syari’ah dalam mekanisme Sistem Jaminan Halal (SJH). Proses dan mekanisme SJH yang dilakukan perusahaan ternyata merupakan proses produksi perusahaan dengan kriteria halal. Mulai deteksi kehalalan perencanaan, uji laboratorium, pembelian bahan, uji coba produk, proses produksi, penggudangan, pengepakan sampai distribusi penjualannya. Penelitian ini diharapkan pula menjadi masukan perubahan standar laporan keuangan perbankan syari’ah serta penambahan standar akuntansi non perbankan.

Aji Dedi Mulawarman
Iwan Triyuwono
Unti Ludigdo

Klik suka di bawah ini ya