Jurnal Ilmiah Online Pertama Indonesia

Mulai hari ini Indonesia memiliki website Jurnal Ilmiah Indonesia dengan nama Indonesia Scientific Journal  Database atau Website Jurnal Ilmiah Indonesia. Situs internet itu dikelola oleh Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Koleksi jurnal ilmiah yang terkumpul dalam situs itu sudah mencapai 5000 artikel berasal dari 400 jurnal terakreditasi.


Peluncuran website tersebut dilakukan di kampus Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI di Subang, Jawa Barat, Kamis (20/08/09). Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI, Putut Irawan Pudjiono mengatakan, untuk sementara website tersebut baru bisa diakses oleh kalangan tertentu. Tapi, mulai Oktober sudah bisa diakses secara nasional dan gratis� kata Putut.


Website ISJD diluncurkan buat menjawab kebutuhan publik yang selama ini merasa kesulitan untuk bisa mengakses jurnal ilmiah. Pada saat ini, jurnal ilmiah yang ada di Indonesia hanya dalam bentuk cetak dan jumlahnya pun sangat terbatas. Tersedianya jurnal ilmiah secara online ini diharapkan membantu masyarakat mendapatkan jurnal ilmiah dengan gampang dan isi berkualitas. "Semua artikel dari ratusan jurnal terakreditasi itu bisa diakses," kata Puput. Pada akhir tahun ini, jumlahnya akan mencapai 7000 artikel.


"Bila dibandingkan dengan negara lain dalam soal pengelolaan jurnal ilmiah secara internasional, Indonesia masih berada di urutan yang mengecewakan. �Kita berada di peringkat 200 lebih di dunia," katanya.


Kehadiran website ISJD diharapkan mampu menggenjot posisi pengelolaan jurnal Indonesia naik ke peringkat yang lebih baik. Putut berani bertaruh, dari segi isi jurnal ilmiah hasil karya para intelektual Indonesia setara bahkan lebih bagus dibanding dengan produk jurnal ilmiah negara tetangga, seperti Malaysia misalnya. "Dari sisi kualitas kita lebih unggul, tapi kita memang kalah dalam promosi," ujarnya.


Agar pengelolaan website ISJD lebih profesional dan maju, LIPI telah menggandeng seluruh perguruan tinggi di nusantara bergabung dalam situs tersebut.

Klik suka di bawah ini ya