Apakah pembiayaan pendidikan dan pembiayaan rumah termasuk kategorisasi konsumtif ?


Mengkaji ulang Kategorisasi pembiayaan produktif dan konsumtif dalam Islam, dan apakah pembiayaan pendidikan dan pembiayaan rumah termasuk kategorisasi konsumtif?
Dalam operasional pelaksanaan kredit diperbankan syariah, sepertinya banyak mengadopsi pelaksanaan kredit di perbankan konvensional, termasuk dalam mengkategorisasikan kredit/pembiayaan , yaitu konsumtif dan produktif. Salah satu contoh dari kredit pr(oduktif adalah pembiayaan usaha, sedangkan contoh kredit konsumtif, adalah pembiayaan pembelian mobil, rumah, pendidikan dll.

Perlu diperdalam lebih jauh apakah pembelian rumah, dan pendidikan termasuk pembiayaan kredit konsumtif dalam Islam? Karena Islam sendiri sangat menganjurkan untuk melanjutkan pendidikan , begitu pula kepemilikan rumah, dalam kaidah Islam suami yang baik adalah harus menyediakan rumah yang luas untuk istri dan anak-anaknya. Bahkan kebutuhan pendidikan dan perumahan merupakan kebutuhan dharuriyat setiap muslim, Nah lebih lanjut untuk memperkokoh sistim perbankan syariah, maka perlu diteliti lebih lanjut:
1. Bagaimana konsep pembagian kredit (pembiayaan) menurut Islam ?
2. Apakah pembiayaan pendidikan dan pembiayaan rumah untuk tempat tinggal termasuk pembiayaan konsumtif? (jhr).

Klik suka di bawah ini ya