Penulisan Artikel untuk Jurnal

Artikel untuk jurnal  ilmiah meliputi tiga (3) kategori, yaitu: (1) laporan penelitian, (2) artikel teoretis, dan (3) resensi buku (book review). Artikel laporan penelitian terdiri dari bagian-bagian yang mencerminkan tahap-tahap dalam proses penelitian. Artikel teoretis membahas literatur-literatur (teori-teori) yang ada. Dalam hal ini penulis melacak pengembangan suatu teori untuk melihat konsistensi teori tersebut serta evaluasi keunggulannya terhadap teori lain.


I. Laporan Penelitian
Laporan penelitian sebanyak antara 10—20 halaman diketik di kertas ukuran kuarto dengan spasi ganda. Sistematika laporan penelitian yang ditulis terdiri dari (1) Judul dan nama penulis, (2) Abstrak, (3) Pendahuluan, (4) Metode, (5) Hasil, (6) Diskusi, (7) Kesimpulan, (8) Daftar Pustaka, dan (9) Lampiran (jika perlu).
1. Judul (5—15 kata) disertai nama penulis di bawahnya tanpa mencantumkan gelar akademik dan NIP. Nama lengkap dengan gelar akademik ditulis di sebelah bawah halaman pertama.
2. Abstrak (75—100 kata) memuat rangkuman dari keseluruhan  artikel. Abstrak memuat (1) tujuan penelitian, (2) deskripsi tentang subjek yang diteliti, (3) prosedur singkat penelitian, (4) ringkasan hasil-hasil penting, dan (5) kesimpulan dan implikasi.
3.   Pendahuluan (tanpa sub-judul). Pendahuluan memuat dua bagian, yaitu: (1) kajian pustaka (berfungsi sebagai kerangka teori dan informasi latar belakang), dan (2) tujuan penelitian.
4.   Metode
Di sini penulis menjelaskan: (1) subjek yang diteliti (populasi dan sampel), (2) desain penelitian, (3) instrumen, dan (4) prosedur penelitian.
5.   Hasil
Bagian ini merangkum hasil pengumpulan dan analisis data dengan cara mengungkapkan hasil-hasil atau temuan-temuan utama penelitian dalam teks, yang didukung oleh tabel dan gambar/grafik serta presentasi statistik.
6.   Diskusi
Pada bagian ini diskusi penulis mengadakan interpretasi-interpretasi non-teknis terhadap hasil-hasil penelitian. Dengan kata lain, penulis menjelaskan apa (What) makna hasil penelitian dan mengapa (Why) hasil penelitian demikian dan apa implikasinya hasil penelitian tersebut terutama tehadap teori-teori yang ada.
7.   Kesimpulan
Kesimpulan memuat rangkuman hasil serta diskusi dan saran-saran yang diberikan.
8.   Daftar Pustaka
Teknik penulisan pada Daftar Pustaka  maupun rujukan dalam teks mengikuti Editorial Style dari American Psychological Association (APA).
9.   Lampiran (jika perlu).


II. Artikel Teoretis
Artikel teoretis disusun antara 10—20 halaman, diketik di kertas ukuran kuarto dengan spasi ganda.
Format artikel teoretis adalah sebagai berikut:
1. Judul disertai nama penulis (tanpa gelar akademik dan NIP). Nama lengkap dengan gelar akademik dan jurusan (bidang studi) ditulis di sebelah bawah halaman pertama.
2. Abstrak (75—100 kata) memuat tujuan, ruang lingkup, sumber-sumber, kesimpulan dan implikasi.
3. Pendahuluan (tanpa sub-judul) mencakup materi-materi: (1) informasi latar belakang, (2) permasalahan, dan (3) tujuan penulisan.
4. Pembahasan disertai penjelasan konsep-konsep yang berhubungan dengan permasalahan. Pembahasan ini biasanya dibagi menjadi sub-sub judul yang relevan dengan permasalahan yang ada.
5. Kesimpulan atau Penutup
Bagian ini memuat rangkuman pembahasan serta saran-saran yang diberikan.
6. Daftar Pustaka


III. Resensi Buku (Book Review)
Resensi buku terdiri dari 6-10 halaman, diketik di kertas ukuran kuarto dengan spasi ganda.
Format penulisan resensi buku adalah:
1. Judul buku yang diresensi disertai nama lengkap pengarang, kota tempat penerbit, nama penerbit, tahun terbitan, jumlah halaman pendahuluan + batang tubuh. Dibahas oleh ...... (sebutkan nama pembahas tanpa gelar akademik).
Nama lengkap dengan gelar akademik dan jurusan (bidang studi) di mana anda mengajar ditulis di sebelah bawah halaman pertama.
2. Resensi buku terdiri dari bagian-bagian pendahuluan atau latar belakang, ringkasan isi buku dan pembahasan disertai kajian teori, dan kesimpulan (tanpa diberi sub-judul).
3. Daftar Pustaka yang telah dirujuk dalam teks resensi buku.

Klik suka di bawah ini ya