Bagian Pengantar dalam Karya Tulis Ilmiah

Judul karya  tulis  ilmiah. Judul karya  tulis  ilmiah dirumuskan dalam satu kalimat yang ringkas, komunikatif, dan afirmatif. Judul perlu mencerminkan konsistensi dan ruang lingkup, tujuan, subjek, dan metode penelitian/penelusuran. Pada halaman judul juga perlu disebutkan tujuan penulisan karya  tulis  ilmiah, nama peneliti, logo (Depdiknas), dan instansi tempat bekerja peneliti.


Lembar pengesahan. Lembar pengesahan adalah pernyataan atasan (bisa juga pembimbing) terhadap karya tulis ilmiah yang diajukan.


Kata pengantar. Berisikan uraian yang mengantar para pembaca terhadap karya  tulis ilmiah yang diajukan. Biasanya berisikan rangkuman dan tata letak isi karya   tulis ilmiah. Pengantar perlu juga diikuti  ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya ilmiahnya. Ucapan terimakasih sebaiknya disampaikan secara singkat dan tidak merupakan bagian terpisah.


Daftar isi. Daftar isi merupakan penyajian secara sistematika isi secara rinci dari karya tulis  ilmiah yang diajukan. Daftar isi berfungsi untuk mempermudah para pembaca mencari judul atau sub-judul yang ingin dibacanya. Karena itu, judul dan sub-judul yang ditulis dalam daftar isi harus langsung ditunjukkan nomor halamannya. Nomor-nomor halaman awal sebelum Bab 1 menggunakan angka Romawi kecil (i,ii,iii,iv, dan seterusnya), dan dari halaman pertama Bab 1 sampai halaman terakhir karya tulis ilmiah menggunakan angka Arab (1,2,3,dan seterusnya).


Daftar tabel. Berfungsi menyajikan tabel secara berurutan mulai dari tabel  pertama sampai dengan tabel terakhir yang ada dalam karya  tulis  ilmiah. Nomor tabel ditulis dengan menggunakan dua angka huruf Arab, dicantumkan secara berurutan, yang masing-masing menyatakan nomor bab dan nomor urut tabel. Contoh: Tabel 1.3. artinya tabel nomor 3 pada Bab 1. Pada bagian ini juga sebaiknya ditunjukkan nomor halamannya.


Daftar gambar. Berfungsi menyajikan gambar secara berurutan, mulai dari gambar pertama sampai gambar terakhir yang ada dalam karya  tulis  ilmiah. Akidah penulisan sama dengan kaidah penulisan untuk daftar tabel.


Daftar lampiran. Daftar lampiran disusun seperti halnya daftar tabel dan daftar gambar. Nomor urut lampiran dinyatakan dengan dua angka dengan tanda penghubung di antaranya. Angka pertama menyatakan nomor Bab dan angka kedua menyatakan nomor urut lampiran. Contoh: Lampiran 1.2 artinya lampiran 2 dari Bab 1.


Abstrak. Abstrak adalah ringkasan isi karya  tulis  ilmiah mulai dari Bab  I  sampai  Bab V dalam uraian sangat singkat. Pada umumnya mencakup pernyataan: tujuan penelitian, masalah, metode, temuan penting, dan kesimpulan yang didapat. Karena ringkasnya, sebuah abstrak biasanya terdiri dari tidak lebih dari empat paragraf.

Klik suka di bawah ini ya