Ilustrasi, Perwajahan dan Tata Letak dalam Karya Tulis Ilmiah

Dalam laporan teknis ilustrasi bertujuan mengemukakan kepada pembaca hal-hal yang tidak terungkapkan dengan kata-kata. Jika ilustrasi itu benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya, laporan yang kita buat dapat dengan tepat mengenai sasaran.


Ada beberapa sebab mengapa ilustrasi mempunyai kelebihan tersendiri daripada pengungkapan dengan kata-kata. Pertama, ilustrasi dapat menunjukkan rincian yang tidak terungkapkan dengan kata-kata. Kedua, jika tersusun dengan baik, ilustrasi memakan ruang sedikit. Ketiga, dalam ilustrasi banyak komponen yang dapat dirangkumkan. Keempat, dengan adanya ilustrasi laporan menjadi lebih menarik.


Yang termasuk ilustrasi adalah gambar, seperti potret, grafik, bagan, peta, skema, sketsa, dan denah. Selain itu, dalam arti luas tabel pun dapat dikategorikan ke dalam ilustrasi.


Perwajahan menyangkut penampilan laporan yang tampak dari luar, sedangkan tata letak menunjuk kepada pengaturan bahan dalam laporan. Laporan hendaknya jangan menggunakan huruf yang tidak lazim.


Pengetikan diseting serapi mungkin dengan memperhatikan lebar pias-pias tertentu, misalnya untuk keperluan penjilidan. Sampul depan hendahnya mampu memberikan tanda pengenalan yang jelas mengenai isi, penyusunan, dan informasi laporan. Warna-warna yang mencolok hendaknya dihindari.


Oleh: Azwardi, staf pengajar tetap FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Klik suka di bawah ini ya