Penentuan Topik dan Judul serta Penulisan Abstrak dan Kata Kunci

Dalam menulis laporan teknis kegiatan yang pertama-tama dilakukan adalah menentukan topik. Hal itu berarti bahwa harus ditentukan apa yang akan dibahas dalam laporan. Setelah berhasil memilih topik, langkah kedua yang harus kita lakukan adalah membatasi topik tersebut. Dalam hal ini tentu saja dapat dipikirkan secara langsung suatu topik yang cukup terbatas.


Setelah diperoleh topik yang sesuai, topik itu harus dinyatakan dalam suatu judul karangan. Dalam laporan teknis atau karangan ilmiah judul harus dapat menunjukkan atau menggambarkan topiknya. Penentuan judul itu harus dipikirkan secara sungguh-sungguh dengan mengingat beberapa persyaratan, antara lain, sebagai berikut:
(1) Judul harus sesuai dengan atau menggambarkan topik;
(2) Judul sebaiknya dinyatakan dalam bentuk frasa, bukan dalam bentuk kalimat, misalnya, Pronomina Persona Bahasa Aceh, bukan Pronomina Persona Terdapat dalam Bahasa Aceh;
(3) Judul diusahakan sesingkat mungkin, misalnya, judul Pronomina Persona Pertama, Kedua, dan Ketiga, baik Tunggal maupun Jamak, yang Terdapat dalam Bahasa Aceh dapat kita singkat dalam bentuk frasa seperti di atas;
(4) Judul harus dinyatakan secara eksplisit (jelas), misalnya, judul Menjelajahi Neraka Dunia tidak dapat digunakan dalam karangan ilmiah yang memaparkan hasil pengamatan terhadap keadaan ekonomi negara-negara yang sedang berperang.


Abstrak merupakan representasi dari keseluruhan isi sebuah tulisan. Dalam abstrak artikel hasil pemikiran perlu dikemukakan secara singkat dan jelas, antara lain, latar belakang, masalah, tujuan, dan pembahasan, sedangkan dalam abstrak artikel hasil penelitian perlu dikemukakan secara singkat dan jelas, antara lain, latar belakang, masalah, tujuan, anggapan dasar, hipotesis, populasi, sampel, metode, teknik, dan hasil. Karya ilmiah, khususnya yang dimuat dalam majalah ilmiah atau jurnal, baik yang berupa hasil pemikiran maupun hasil penelitian, menghendaki adanya abstrak.


Selain abstrak, hal yang perlu dicantumkan dalam sebuah artikel ilmiah adalah kata kunci (keywords). Kata kunci adalah istilah-istilah terbatas yang mengandung konsep dan populer digunakan dalam keseluruhan isi sebuah artikel. Kata kunci ini biasanya berupa kata-kata terminologi. Pencantuman kata kunci dalam sebuah artikel posisinya setelah abstrak.


Oleh: Azwardi, staf pengajar tetap FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Klik suka di bawah ini ya