Petunjuk Penulisan Referensi Gaya APA




1. Mengutip Referensi dalam Laporan
Dalam gaya APA, kutipan  dibuat dengan menentukan nama pengarang, tahun publikasi, sumber, dan (bila diperlukan) halaman khusus. Format dari suatu kutipan dalam teks naskah bergantung pada bagaimana anda memilih untuk menulis suatu kalimat yang meliputi kutipan itu. Jika kutipan itu tercakup sebagai suatu bagian integral dari kalimat itu, anda memberikan nama terakhir dari pengarang dan, dalam kurung, tahun di mana karya itu dipublikasikan. Di sini, diberikan contoh dengan dua pengarang:


Menurut Smith dan Jones (2004), memory untuk informasi bermakna adalah sangat baik daripada memory untuk materi yang tidak bermakna.


Jika kutipan itu “terlampir pada” kalimat, maka lampirkan seluruh kutipan dalam tanda kurung sebagai berikut:


Memory untuk informasi bermakna cenderung sangat baik daripada memory untuk informasi yang kurang bermakna (Smith & Jones, 2004).


Apabila anda menggunakan lebih dari dua pengarang, kutipan mengambil bentuk sebagai berikut:


Menurut Smith, Jones, dan Harris (2004), memory untuk informasi bermakna adalah sangat baik daripada memory untuk informasi yang tidak bermakna.


atau


Memory untuk informasi bermakna sangat baik daripada memory untuk informasi yang tidak bermakna (Smith, Jones, & Harris, 2004).


Jika anda mengutip suatu artikel dengan tiga atau lebih pengarang beberapa kali dalam makalah anda, menulis masing-masing nama secara berulang menjadi membosankan. Dalam kasus ini, tentukan semua nama pengarang pertama kali anda mengutip sumber itu (misalnya, Smith, Jones, & Harris). Kemudian, anda dapat menentukan hanya nama pengarang pertama yang diikuti dengan “et al” [Latin untuk “dan lain-lain”).


Memory untuk informasi bermakna sangat baik daripada memory untuk infomasi yang tidak bermakna (Smith, Jones, Harris, Baker, & Thomas, 2004).


atau


Memory untuk informasi bermakna sangat baik ... (Smith et al., 2004). Jika anda mengutip suatu sumber dengan lebih dari enam (6) pengarang, gunakan “et al.” untuk kutipan pertama dan semua kutipan berikutnya. Dalam bagian referensi anda menentukan nama terakhir dan inisial untuk enam (6) pengarang pertama dan et al. untuk mengembalikan pengarang.


Apa yang terjadi jika anda memiliki dua kutipan dari pengarang yang sama dalam urutan berbeda dari tahun yang sama (misalnya, Smith, Jones, Harris, & Baker, 2003, dan Smith, Harris, Jones, & Baker, 2003).


Menggunakan alat et al. dapat membingungkan karena pembaca tidak mengetahui dengan sumber mana anda mengarah. Dalam kasus ini, anda menentukan banyak nama sumber (misalnya, Smith, Jones, et al. 2003, dan Smith, Harris, et al., 2003).


 

 

 

Klik suka di bawah ini ya