Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Karya Tulis Non-Ilmiah, Karangan Tidak Ilmiah

Karya tulis ilmiah
Karya tulis  ilmiah adalah karya tulis  ilmu pengetahuan yang  menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya tulis  ilmiah ditulis berdasarkan fakta umum dan dapat dibuktikan benar tidaknya.


Karya tulis  ilmiah itu selalu ditulis dengan bahasa kongkret, gaya bahasanya formal,  kata-katanya teknis dan didukung oleh  fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya. Sedangkan istilah kata ”populer” dalam karya tulis  ilmiah populer adalah karya tulis  yang ditujukan untuk masyarakat umum. Bahan pembicaraan dalam karangan pengetahuan populer itu biasanya berupa hal hal tentang kehidupan sehari-hari dan bukan hal-hal yang bersifat ilmiah tinggi.


Karya tulis non-ilmiah
Karya tulis  non-ilmiah adalah karya tulis  ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya tulis non-ilmiah itu pun bervariasi bahan topiknya dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung oleh fakta umum. Bahasanya mungkin kongkret atau abstrak, gaya bahasanya mungkin formal dan teknis, atau formal dan populer.


Karya tulis  non ilmiah ditulis berdasar fakta pribadi yaitu fakta yang ada pada seseorang, misalnya fakta yang disimpulkan dari data hasil kuesioner atau data hasil wawancara, dan sebagainya. Fakta fakta itu sifatnya subyektif, berupa sesuatu yang dipikirkan responden atau penyimpul data. Oleh karena itu karya tulis  pengetahuan yang ditulis berdasar kuesioner atau hasil tes-tes lainnya (dalam pendidikan) adalah karya tulis yang bersifat non-ilmiah, meskipun subyeknya ilmu pengetahuan dan metode pengumpulan data direncanakan secara ilmiah, serta diproses menurut statistika.


Karangan Tidak Ilmiah
Karya tulis  tidak ilmiah adalah karya tulis  yang menyajikan fakta umum tetapi datanya diperoleh tidak melalui prosedur yang ilmiah, dan apalagi penulisannya tidak memenuhi ciri-ciri karya tulis  ilmiah disebut karya tulis  yang tidak ilmiah. Fakta yang disajikan berdasar data yang diperoleh tidak melalui prosedur ilmiah, sehingga validitasnya diragukan. Karya tulis  tidak ilmiah itu mungkin juga menyajikan fakta pribadi baik tentang pengetahuan populer mengenai kehidupan sehari-hari maupun tentang pengetahuan tingkat tinggi.

Klik suka di bawah ini ya